Kamis, 05 September 2013

Telaga Warna Puncak

detikTravel Community -  
Liburan ke Kawasan Puncak memang sudah biasa, tapi lokasi wisata ini juga memiliki objek wisata lainnya yang juga wajib untuk dikunjungi, salah satunya adalah Telaga Warna. Wisatawan bisa melihat panorama alam yang unik dan memiliki misteri. Suasana di sini cukup sejuk dan tenang, jauh dari keramaian sehingga sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga dan kawan-kawan.
Objek wisata yang terletak di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat ini berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Dilatar belakangi persawahan dan perkampungan penduduk dengan gunung yang menjulang tinggi menambah keindahan panorama alam yang sudah ada.
Di tempat ini wistawan bisa menikmati pemandangan dan mengelilingi danau menggunakan perahu atau rakit. Selain itu, dapat juga melakukan kegiatan rekreasi keluarga sambil bersepeda air.
Konon, di Telaga Warna ini hidup dua ekor ikan purba yang menurut kepercayaan masyarakat sekitar masih hidup. Bila ada orang yang mampu melihat ikan tersebut kemungkinan semua cita-cita yang diinginkan akan tercapai.
Keistimewaan lainnya, di tempat ini dapat dijumpai beberapa jenis flora asli hutan tropika pegunungan. Tumbuhan-tumbuhan yang dimaksud, seperti Puspa dan Kihiur serta beberapa tanaman tingkat rendah, antara lain Paku Tiang, Rame, dan Rotan. 
Wisatawan juga bisa menemui beberapa jenis fauna liar, seperti hewan mamalia, primata, aves, dan reptilia. Adapun mamalia yang masih ada ialah macan tutul dan babi hutan. Kemudian jenis primata yang dilindungi di objek wisata Telaga Warna ialah kera abu-abu, surili , dan lutung.
Maka, tidak heran jika sedang asik bersantai tiba-tiba terdengar suara dari hewan tersebut. Tentunya, keamanan di tempat ini sangat terjaga.
Untuk mencapai wisata Telaga Warna, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bus umum (jurusan Cianjur) menuju Kawasan Puncak. Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dari tepi Jalan Raya Puncak selama 10 menit. Perjalanan ini akan ditemani oleh pemandangan perkebinan the yang berada di kanan dan kiri jalan.
Untuk mencari lokasi gerbang masuk, mata Anda harus sangat jeli karena letaknya cukup tersembunyi, tertutup oleh bangunan warung-warung. Dengan merogoh kocek sebesar Rp2.000,00 per orang, Anda sudah dapat menikmati pesona Telaga Warna. Saat tiba di loket masuk, puluhan tanaman bonsai siap menyambut kedatangan wisatawan. 
Beberapa rintangan outbond dengan kondisi yang cukup baik tersedia di objek wisata air ini, selain itu juga terdapat track alam, shelter, pos jaga, information center, dan menara pengintai setinggi 13,5 meter juga ada.
Menara pengintai ini biasanya digunakan untuk mengamati burung-burung yang ada di sini.  Banyak wisatawan yang mengabadikan keindahan ini memlaui jepretan-jepretan kamera yang dibawanya.
[Desi Puspasari]

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Provinsi Jawa Barat
Jln. RE Martadinata 209, Bandung
Telepon  : (022) 7271385, 7273209, dan 7234654
Website  : http//www.westjava-indonesia.com
Email    : disbudpar@wetjava-indonesia.com

sumber : disini

0 komentar:

Posting Komentar